Informasi Penting Lho

Bagi kawan-kawan Mahasiswa dimanapun berada, yang perlu makalah seputar PAI, kesini aja....sok asal habis ngambil komentarnya jangan lupa ya, biar terus ada kemajuan....OK, siip

Rabu, 15 Juni 2011

Evaluasi Pendidikan Matpel Fiqih

LAPORAN
ANALISIS SOAL DAN BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH CIJATI

Disusun sebagai salah satu tugas mandiri
Pada mata kuliah Pengenalan Sistem Evaluasi Pembelajaran
Dosen : Drs. Uding M. Khoerudin












Disusun oleh :
1. AHMAD HUMAEDI



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
(STAI PUI) MAJALENGKA
2011

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah yang telah memberi kekuatan kepada kita untuk selalu taat beribadah kepada-Nya.
Shalawat serta salam semoga selalu tercurah limpahkan kepada Pemimpin ummat seluruh dunia, Rasulullah SAW. Semoga syafa’atnya sampai kepada kita semua selaku ummat akhir zaman.
Dalam kesempatan ini Alhamdulillah Penulis dapat menyelesaikan laporan tugas mata kuliah Pengenalan Sistem Evaluasi Pembelajaran yang berjudul “ANALISIS SKALA SIKAP SERTA PEMBAKUANNYA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs DARUL FALAH CIJATI”.
Penulis mengucapkan terima kasih :
1. Bpk Drs. Uding M. Khoerudin selaku Dosen Mata Kuliah Pengenalan Sistem Evaluasi Pembelajaran
2. Ibu H. Nining Ru’yati, S. Ag., selaku kepala Madrasah Tsanawiyah darul Falah Cijati
3. Ibu Ooy Royhanah, S.Ag., selaku guru mata pelajaran Fiqih kelas VIII
4. Semua pihak yang mendukung dan membantu dalam penyusunan laporan ini dari awal hingga selesai.
Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam laporan ini baik dari segi kesalahan redaksi, penghitungan maupun cara penyampaian. Oleh karena, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami tunggu untuk kebaikan di masa yang akan datang
Akhir kata, semoga apa yang ada dalam isi laporan ini bisa bermanfaat khususnya bagi penulis umumnya bagi semua yang berkepentingan.

Majalengka, Mei 011


Penulis


BAB 1
PENDAHULUAN
A. Pengertian Evaluasi Hasil Belajar
Dalam menjelaskan pengertian evaluasi hasil belajar tidak bisa langsung, sebab ada beberapa istilah yang menyangkut proses yang saling berkaitan dengan evaluasi. Istilah tersebut adalah pengukuran dan penilaian.
Pengukuran merupakan langkah pertama evaluasi yang bersifat kuantitatif, yaitu hal yang menyangkut dengan data angka, misalnya pengukuran terehadap panjang sebuah benda memakai meteran sebgaai alat ukurnya, ataupun mengukur berat sebuah benda, maka digunkaan timbangan sebagai alat ukurnya. Sedangan istilah penilaian merupakan terjehagan dari evalution yang artinya mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik-buruk. Penilaian bersifat kuantitatif dan evaluasi meliputi kedua langkah diatas, yaitu mengukur dan menilai.
Jadi evaluasi hasil belajar merupakan sebuah kegiatan mengukur dan menilai sesuatu dan menilai sesuatu dari suatu kegiatan pembelajaran dengan memakai tolak ukur yang telah ditentukan.

B. Tujuan Dan Fungsi Evaluasi Hasil Belajar
Setiap kegiatan tang berbentuk perbuatan pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai ketika kegiatan tersebut berakhir, begitu juga dengan evaluasi hasil belajar. Cranbach (1963 :63) dan popham (1975 :13) mengatakan bahwa tujuan penilaian pada dasarnya adalah membuat keputusan.
Keputusan-keputusan program pendidikan yang dapat dibuat dan yang terkandung dalam tujuan penilaian dikemukakan oleh witherington dan thorstoune, mereka mengemukakan bahwa tujuan penilaian hasil belajar adalah:
1. Menentukan keberhasilan pendidikan.
2. Mengelompokan siswa berdasarkan potensinya.
3. Menentukan siapa atau tidaknya anak bersekolah.
4. Melakukan diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa.
5. Mendorong aktivitas dalam arti memotivasi kegiatan belajar siswa serta memberikan layanan bimbingan.
Adapun fungsi dari evaluasi hasil belajar adalah menunjukan atau menggambarkan taraf perkembangan siswa dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan kurikulum.
C. Aspek-aspek yang Dievaluasi.
Ada beberapa aspek yang harus di evaluasi dari seorang peserta didik, aspek-aspek ini berkaiatan dengan jenis kecerdasan yang dimiliki oleh anak tersebut, aspek tersebut adalah kognitif, afektif dan psikomotarik.
Aspek kognitif di evaluasi berkaiatan dengan kecerdasan siswa dealam bidang pengetahuan fisik. Aspek afektif berkaitan dengan sikap siswa terhadap materi ajar yang telah diterimanya, sedangkan psikomotor adalah aspek praktek dari pengetahuan yang telah dia faham.

D. Ruang Lingkup Evaluasi.
Adapun ruang lingkup evaluasi pada Sembilan sasaran yang satu sama lain saling berkaitan.
Ruang lingkup tersebut adalah:
1. Bakat solastik, yaitu kemampuan dasar yang berkaitan dengan pengetahuan dasar sekolah (scholastic aptitude).
2. Kemampuan hasil belajar seolah (scholastic achicrment) yaitu kemampuan hasil belajar sekolah yang tercermin pada prestasi belajar sebagai hasil kecakapan mempelajari kurikulum.
3. Bakat khusus (special abilities).




BAB II
PELAKSANAAN TES HASIL BELAJAR
A. Penyusunan Kisi-kisi/Lay-out/Blue Print
No.
Soal Kompetensi Dasar Tema/
Konsep
PB/SPB Bahan
Kelas/Mid
Semester Uraian Materi Jumlah
Soal per
URMAT Indikator No.
Soal Aspek
Jenjang
MD SD SK
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
1
Siswa dapat mengetahui dan memahami pengertian puasa shingga mampu melaksanakan
1.1 Kaifiat puasa
II/I
• Pengertian puasa
• Syarat puasa
• Rukun puasa
• Sunnat puasa
• Makruh puasa
• Hal-hal yang membatalkan puasa
• Cara mengganti puasa yang di tinggalkan pada bulan ramadhan


• Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa
• Siswa adapat menyebutkan syarat wajib puasa
• Siswa dapat menyebutkan rukun puasa
• Siswa dapat menyebutkan rukun puasa
• Siswa dapat menjelaskan hasil pekerjaan sunnat ketika berbuka
• Siswa dapat mengenal hal yang makruh waktu puasa
• Siswa dapat menyebutkan hal yang membatalkan puasa
• Siswa dapat menyebutkan rukun puasa
• Siswa dapat menyebutkan sunnat puasa
• Siswa adapat menyebutkan waktu berbuka puasa
• Siswa dapat menyebutkan macam-macam puasa fardu
• Siswa dapat menyebutkan hokum puasa ramadhan bagi orang yang mampu
• Siswa dapat menjelaskan pengertian fardu ain
• Siswa dapat menyebutkan waktu melakukan akan puasa ramadhan.
• Siswa dapat menjelasan dalil tentang puasa ramadhan






1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
2



















3 Siswa dapat mengetahui dan memahami macam-macam puasa, sehingga mampu melaksanakannya













Siswa dapat mengetahui dan memahami pengertian zakat dan macam-macan harta yang wajib dizkati serta mustahiq zakat
2.1 puasa fardu II/I • Puasa ramadhan
• Puasa nadzar
• Puasa sunnat • Siswa dapat menyebutkan ketentuan awal dan akhir ramadhan dengan melihat bulan
• Siswa dapat menjelasan perhitungan bulan yang belum dan masih ragu
• Siswa dapat menunjukan hal yang diperbolehkan berpuasa ramahan
• Siswa dapat menyebutkan orang yang membolehkan tida berpuasa dan wajib fidyah
• Siswa dapat menyebutkan amalan sunnat pada bulan ramadhan
• Siswa dapat menjelaskan arti puasa nadzar
• Siswa dapat menyebutkan puasa fardu karena seseorang berjanji
• Siswa dapat menjelaskan puasa nadzar
• Siswa dapat menjelaskan puasa nadzar yang tidak dilaksanakan
• Siswa dapat menyebutkan macam-macam hitalat nadzar

• Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat ftrah
• Siswa adapat menyebutkan salah satu wajib zakat fitrah
• Siswa dapat menyebutkan macam-macam harta kekayaan yang wajib dijkati
• Siswa dapat menjelaskan sebagian mustahiq zakat harta
• Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat menurut bahasa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
• Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat menurut istilah (syara)
• Siswa dapat menyebutkan hokum zakat
• Siswa dapat menterjemahkan dalil hokum zakat
• Siswa dapat menyebutkan wajib zakat membayar zakat fitrah
• Siswa dapat menyebutkan waktu yang afdhol (sunnat) didalam membayar zakat fitrah
• Siswa dapat menyebutkan waktu makruh membayar zakat fitrah
• Siswa dapat menyebutkan pengertian mustahiq zakat
• Siswa dapat menyebutkan salah satu syarat wajib harta




Penulisan Soal-soal
Soal-soal disusun sebanyak 45 butir yang terdiri dari 15 soal pilihan True Fals (benar-salah), 15 soal pilihan ganda, 10 soal menjodohkan dan 5 soal uraian.
Adapun soal-soal tersebut adalah sebagai berikut :
Isilah pernyataan-pernyataan dibawah ini dengan jawaban Benar (B) dan Salah (S)
1.

2.
3.


4.
5.
6.
7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.
14.

15.
B – S

B - S
B - S


B - S

B - S
B - S
B - S

B - S

B - S

B - S

B - S

B - S

B - S
B - S

B - S
Sujud syukur adalah sujud sebagai tanda rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT.
Ketika anda juara maka anda melakukan sujud syukur.
............كان يقرا علينا القران فاذا مرّ باالسجد وسجدنا معه (رواه الترمذي)
Adalah dalil dianjurkannya sujud syukur
كلاّ لاتطعه واسجد واقترب
Ayat diatas adalah termasuk ayat sajdah.
Puasa nadzar dan puasa kifarat adalah puasa wajib.
Makan sahur adalah salah satu rukun puasa.
Saya batal puasa secara sengaja, maka saya mengqada pada hari-hari berikutnya tanpa bayar fidyah
ياايهاالذين امنوا كتب عليكم الصيام .......adalah dalil diwajibkannya berpuasa.
Hokum disuntik atau diinjeksi ketika puasa adalah diperbolehkan.
Orang yang tidak beragama islam tidak diwajibkan membayar zakat fitrah.
Waktu makruh untuk membayar zakat fitrah adalah sebelum hari raya.
Zakat hewan ternak untuk sapid an kerbau, wajib dizakati ketika mencapai nisab 20 ekor.
Rikaz adalah pertemuan dua emas dan perak.
Hikmah zakat diantaranya adalah meningkatkan kesenjangan sosial.
Diantara orang yang berhak menerima zakat gharimin dan amilin.

B. Pilihlah salah satu jawaban yang menurut anda benar dengan memberikan tanda silang (x) atau centang ().
Apa hukum sujud syukur?
wajib b. sunnah c. mubah d. makruh
........اذا اتاه امر يسره او يبشر به خرّ ساجدا شكرا لله تعالى
Dalil diatas adalah anjuran untuk…..
Sujud sahwi c. sujud syukur
Tilawah d. sujud dua kali
Kapan seseorang dianjurkan sujud tilawah?
a. Ketika membaca ayat sajdah
b. Ketika melihat ayat sajdah
c. Etia membaca atau mendengar ayat sajdah
d. Ketika mendengar ayat sajdah
Apa saja puasa yang tidak wajib
a. Ramadhan b. nazar c. syawal d. kifarat
Apa fungsi puasa menurut bahasa?
a. Petunjuk b. Menahan c. Ibadah d. Taat
Surat Apa yang menjadi dalil puasa?
Surat Al-Baqarah : 183
Surat Al-Baqarah : 132
Surat Al-Baqarah : 182
Surat Al-Baqarah :186
Apa saja yang bukan syarat puasa?
Islam c. mukmin
Baligh d. murodif
تسحروا فان فى السحور برك (متفق عليه)
Dalil diatas merupakan anjuran untuk :
a. Buka puasa c. siwak
b. ta’jil d. makan sahur
Jika seseorang berpuasa, maka yang tidak membatalkannya adalah
a. Makan c. menyikat gigi
b. Minum d. haid dan nifas
Siapakah orang yang batal puasa, tidak wajib qada ataupun tidakfidyah?
a. Orang yang dalam perjalanan
b. Orang yang sakit
c. Orang yangt tidak berakal
d. Orang tua yang sudah fikun
Yang termasuk golongan puasa sunnah adalah
a. Puasa arafah, syawal, qada
b. Puasa bulan sya’ban, senin-kamis, kafarat
c. Puasa asyuro, puasa nabi dawud, nadzar
d. Puasa tiga hari tiap bulan, senin kamis, enam hari bulan syawal
Puasa yang diharamkan adalah
a. Nadzar b. wishal c. syawal d. kafarat
Yang termasuk dalil zakat adalah

a. اطيعواالله واطيعواالرسول واوللامر منكم
b.خذ من اموالهم صدقه تطهرهم ..........
c. ياايهاالذين امنوا كتب عليكم الصيام ....
d.ياايهاالناس اعبدوا ربكم الذي خلقكم..
Jika seorang mengeluarkan zakat fitrah setelah khatib naik mimbar, hukumnya adalah :
a. Zakat maal c. shadaqah
b. Zakat fitrah d. profesi
Jika lima menit sebelum masuk idul fitri, seseorang meninggal, maka hukumnya adalah:
a. Harus zakat fitrah c. dianjurkan zakat fitrah
b. Tidak boleh zakat fitrah d. tidak dikenakan kewajiban zakat fitrah
C. Cocokanlah antara pernyataan pada kolom A dengan kolom B.
A B
Sujud satu kali karena membaca atau mendengar ayat-ayat tertentu. Puasa kafarat
Puasa sebagai ganti dari kesalahan seseorang yang terlah diperbuatnya sehingga ia diharuskan untuk berpuasa. Membaca do’a setelah berbuka
Adab berpuasa Sujud tilawah
Puasa yang diwajibkan sendiri oleh seorang muslim Puasa wisal
Puasa haram Puasa nadzar
Puasa pada tanggal Sembilan Zulhijjah 2,5%
Zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim laki-laki baik perempuan besar atau kecil, merdeka atau budak pada awal bulan ramadhan sampai menjelang shalat idul fitri Puasa arafah
Zakat harta atau kekayaan yang harus dikeluarkan setelah terpenuhinya syarat-syarat Zakat fitrah
Orang yang berhak menerima zakat Mustahiq zakat
Nisab zakat emas. Zakat maal

D. ESSAY
Jelaskan pengertian sujud tilawah !
Apa pengertian sujud syukur ?
Sebutkan beberapa alasan tentang dibolehkannya berbuka puasa dan sebutkan hal-hal yang membatalkan puasa !
Sebutkan 8 golongan mustahiq zakat !
Tuliskan Dalil tentang kewajiban puasa berikut artinya !
Adapun kunci jawaban dari soal tersebut adalah sebagai berikut :
BENAR-SALAH PILIHAN GANDA MACHING
1. B 16. B 31. C
2. S 17. C 32. A
3. S 18. C 33. E
4. B 19. C 34. B
5. B 20. B 35. G
6. S 21. A 36. D
7. S 22. D 37. H
8. B 23. D 38. J
9. B 24. C 39. I
10. B 25. C 40. F
11. S 26. D
12. S 27. B
13. B 28. B
14. S 29. C
15. B 30. D

D. ESSAY
Sujud Tilawah adalah sujud satu kali yang dilakukan ketika membaca ataupun mendengar ayat-ayat sajdah
Sujud Syukur adalah sujud yang dilakukan karena mendapatkan sebuah nikmat atau rizki sebagai tanda rasa syukur kita pada Allah
Yang membolehkan batal puasa :
Orang tua yang sudah pikun
Musafir
Orang sakit parah
Orang gila
Yang membatalkan Puasa adalah :
Makan dan minum disengaja
Muntah disengaja
Haid dan Nifas
Keluar Mani disengaja
Berniat membatalkan puasa
Jima’ pada siang hari

Mustahiq zakat ada 8 asnaf :
Faqir
Miskin
Amil
Mu’allaf
Gharim
Ibnu sabil
Sablillah
Orang yang memerdekakan budak


             
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
Penggandaan Soal
Penggandaan soal dibuat sesuai kebutuhan penelitian yaitu sebanyak 75 eksemplar untuk 2 kali tes, masing-masing 35 eksemplar. Jawaban untuk tes pertama ditulis pada lembar jawaban yang terpisah dan diperiksa oleh peneliti. Sedangkan tes kedua jawaban langsung ditulis pada lembar soal dan langsung diperiksa secara bersama-sama oleh peneliti dan siswa.

Pelaksanaan uji Coba dan Tes Hasil Belajar
Uji coba soal yang kami pakai adalah metode 1 tes yang diberikan dua kali tes, antara tes yang pertama dan kedua berjarak sekitar empat minggu.
Tes Ke-1
Hari : Sabtu
Tanggal : 23 Oktober 2010
Waktu : 08.15 – 09.45 WIB
Tempat : MTs Darul Falah Cijati
Jumlah : 35 Siswa kelas VIII A
Tes Ke-2
Hari : Sabtu
Tanggal : 27 November 2010
Waktu : 08.15 – 09.45 WIB
Tempat : MTs Darul Falah Cijati
Jumlah : 35 Siswa kelas VIII A






BAB III
MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR
Pemeriksaan Hasil Tes
Pemeriksaan Hasil Tes Secara Keseluruhan
Pemeriksaan dan penilaian tes dilakukan dengan menghitung jumlah yang benar dari tiap-tiap jenis soal, kemudian dimasukan kedalam rumus tiap-tiap jenis soal, lalu dijumlahkan secara keseluruhan dan hasilnya menjadi skor akhir.
Adapun rumus untuk penilaiannya adalah sebagai berikut :
Soal benar-salah dan pilihan ganda R -_W_
N-1
Ket. : R : Benar
W : Salah
N : Jumlah Pilihan
Soal Menjodohkan dinilai sesuai dengan jumlah yang benar
Soal uraian ditentukan dengan memberikan bobot pada tiap-tiap soal. 2 soal mempunyai bobot 2, 1 soal mempunyai bobot 4 dan 2 soal mempunyai bobot 5.

Hasil Tes Pertama
NO NAMA JENIS SOAL SKOR
B-S PG MACH SKOR URAIAN AKHIR
1 2 3 4 5
1 Abdul Latif R. 12 7 2 2 2 3 0 1 24.8
2 Aceng A. Wahid 14 12 10 2 2 4 3 4 50.5
3 Adam N 11 8 4 2 2 3 0 3 28.6
4 Agnes Ariani Safitri 5 6 6 2 2 2 0 2 17
5 Ahmad Rifa’i 10 12 8 2 2 4 2 3 41.5
6 Anggi Novita Sari 9 12 8 1 2 4 1 2 35
7 Asep Fahmi F. 14 9 8 2 2 2 2 4 39.5
8 Asep Iman Kuswanto 10 7 7 1 1 4 0 2 26.8
9 Ayu Aulia 11 8 8 2 2 2 1 3 30.6
10 Dede Purnama 9 7 8 2 2 2 2 1 24.3
11 Eko Saikona Saepudin 9 11 8 2 2 1 3 4 35.6
12 Elin N.H 12 4 7 2 0 1 0 1 21.9
13 Elis Siti Hosyatillah 10 10 8 1 2 2 1 1 30.9
14 Euis Kartikah 11 9 10 1 2 1 1 1 31
15 Eva Fauziah 7 11 8 2 2 1 1 4 28.6
16 Feri Abdul Rohman 12 6 10 2 2 4 1 1 33.5
17 Fetty Wulandari 10 10 6 1 2 0 4 2 30.9
18 Fitria Neli A. 11 10 10 2 2 3 2 2 38.4
19 Hani Wihda Nurhalida 12 11 10 2 2 4 3 3 41.1
20 Imam F. Irawan 10 6 1 2 1 1 1 1 17.5
21 Inayatul Fajriyah 11 11 10 2 2 4 2 3 41.6
22 Ipah Siti Saripah 9 10 8 2 2 1 1 2 30.4
23 Iqbal 12 10 8 2 2 2 2 3 37.1
24 Khoirun H 12 8 8 1 2 2 2 2 24.1
25 Khoriun Arif R.H 11 8 6 2 2 4 2 2 32.6
26 M. Ismail Yusuf 12 12 10 1 2 1 2 3 40.9
27 Melati Endah S 11 9 10 2 2 1 1 2 33
28 Nana M. 9 11 4 2 2 1 0 1 27
29 Neng Dini 12 8 10 1 2 1 1 2 33.1
30 Rizki Edi N. 8 11 7 2 2 2 3 1 31.1
31 Syamsul Ma’arif 10 11 10 2 2 1 1 2 34.1
32 Ulfa Masfufah 5 5 3 1 2 2 2 2 13.7
33 Yoga S. 11 9 8 2 2 2 2 4 31
34 Yudi Agus Wahyudi 9 8 8 2 2 2 2 3 30.6
35 Zainal N 10 8 4 2 1 3 0 1 24.1




Hasil Tes Kedua
NO NAMA JENIS SOAL SKOR
B-S PG MACH SKOR URAIAN AKHIR
1 2 3 4 5
1 Abdul Latif R. 9 12 8 2 2 4 2 3 37
2 Aceng A. Wahid 13 11 10 2 2 1 3 4 43.7
3 Adam N 8 13 8 2 2 3 3 3 39
4 Agnes Ariani Safitri 10 10 6 1 2 1 1 3 29.8
5 Ahmad Rifa’i 13 13 10 1 2 2 3 3 45.5
6 Anggi Novita Sari 11 11 8 2 2 2 2 1 35.7
7 Asep Fahmi F. 12 8 8 2 2 2 3 2 35.2
8 Asep Iman Kuswanto 15 10 7 1 1 1 2 2 33.3
9 Ayu Aulia 12 11 10 2 2 3 2 1 40.2
10 Dede Purnama 12 8 6 1 2 2 2 1 32.5
11 Eko Saikona Saepudin 13 12 10 1 2 2 3 4 45
12 Elin N.H 13 12 5 1 1 0 2 2 34
13 Elis Siti Hosyatillah 11 13 10 2 2 3 2 2 31.4
14 Euis Kartikah 11 14 8 2 2 2 3 2 41.6
15 Eva Fauziah 10 12 7 2 2 1 2 4 36.5
16 Feri Abdul Rohman 12 8 5 2 2 4 3 4 38
17 Fetty Wulandari 11 9 8 2 2 0 3 1 32
18 Fitria Neli A. 13 11 10 2 2 0 1 4 40.7
19 Hani Wihda Nurhalida 11 11 10 2 2 4 3 2 41.7
20 Imam F. Irawan 9 5 3 1 0 1 1 1 14.7
21 Inayatul Fajriyah 11 14 10 1 2 2 3 4 44.5
22 Ipah Siti Saripah 10 14 8 2 2 1 3 3 40.1
23 Iqbal 11 9 8 2 2 4 1 1 34
24 Khoirun H 12 10 8 2 2 2 2 2 36.8
25 Khoriun Arif R.H 13 11 8 2 2 4 2 2 41.7
26 M. Ismail Yusuf 14 14 8 1 2 2 3 4 46.6
27 Melati Endah S 10 12 10 2 2 1 3 2 38.5
28 Nana M. 10 10 8 1 2 3 2 3 34.8
29 Neng Dini 9 13 10 2 2 1 2 3 32.4
30 Rizki Edi N. 8 11 7 2 2 2 3 1 31.1
31 Syamsul Ma’arif 10 11 10 2 2 1 1 2 34.1
32 Ulfa Masfufah 7 11 5 2 2 1 2 1 25.7
33 Yoga S. 11 12 10 1 2 1 2 3 39
34 Yudi Agus Wahyudi 11 13 10 2 2 2 3 2 42.4
35 Zainal N 15 11 8 2 2 4 2 2 44.7


Mengubah Skor Mentah Menjadi Nilai
Penghitungan Tes Ke-1
Menghitung Simpangan Baku dan Rerata
Data
41 29 31 30 37 31 31
44 27 31 29 34 35 24
17 25 36 31 33 24 22
51 27 31 41 14 24 33
38 17 31 33 39 42 34
Langkah 1
Menghitung rentang, data terbesar dikurangi data terkecil.
R = 51 - 14 = 37
Menghitung kelas
Cara menghitung kelas adalah 1 + 3,3 LogN, jadi cara menghitung kelas dari data tersebut adalah :
Kl = 1+3,3 log 35
= 1+3,3 (1,5441)
= 1+5,09553
= 6,09557
= 7
Panjang kelas
P = R = 37 = 5.28 = 6
K 7

Kelas Tally f d fd Fd2
14 – 19 III 3 -2 -6 12
20 – 25 IIIII 5 -1 -5 5
26 – 31 IIIII IIIII II 12 0 0 0
32 – 37 IIIII III 8 1 8 8
38 – 43 IIIII 5 2 10 20
44 – 49 I 1 3 3 9
50 – 55 I 1 4 4 16
Σ 35 55 Σ fd 14 Σfd2 70

Mt 26+31 = 28.5
2


Mean (X) = Mt + P (Σ fd)
N
= 28,50 + 6 (14)
35
= 28,50 + 84
35
= 28,50 + 2,4

= 30,90

SD (S) = p √(〖Σfd 〗^2-〖(Σfd) 〗^2 )
N N

= 6 √(70-〖(14) 〗^2 )
35 35

= 6 √(2-(196) )
1225
= 6 √(2-(0,16) )

= 6 √(1,84 )

= 6 (1,36) = 8,13
Jadi diketahui bahwa Mean nya adalah 30,90 dan standar deviasi nya 8,13
Mengubah Skor Mentah Menjadi Skala lima:
A = X + 2 SD = 30,90 + 16,26 = 47,16
B = X + 1 SD = 30,90 + 8,13 = 39,03
C = SD = = 30,90
D = X - 1 SD = 30,90 - 8,13 = 22,77
E = X - 2 SD = 30,90 - 16,26 = 14,64

Dari data diatas, dapat diketahui bahwa nilai siswa adalah :
NILAI KRITERIA JUMLAH
A 47,16 ≥ 1
B 39,03 – 47,15 5
C 30,90 – 39,02 15
D 22,77 – 30,89 10
E 14,64 – 22,76 3
F ≤ 14,64 1
JUMLAH 35

Mengubah Skor Mentah Menjadi Skala sepuluh
10 = X + 2,25 SD = 30,90 + 20,32 = 51,22
9 = X + 1,75 SD = 30,90 + 14,23 = 45,13
8 = X + 1,25 SD = 30,90 + 10,16 = 41,06
7 = X + 0,75 SD = 30,90 + 6,09 = 36,99
6 = X + 0,25 SD = 30,90 + 2,03 = 32,93
5 = X - 0,25 SD = 30,90 - 2,03 = 28,87
4 = X - 0,75 SD = 30,90 - 6,09 = 24,81
3 = X - 1,25 SD = 30,90 - 10,16 = 20,74
2 = X - 1,75 SD = 30,90 - 14,23 = 16,67
1 = X - 2,25 SD = 30,90 - 20,32 = 10,58

Dari data diatas, dapat diketahui bahwa nilai siswa adalah :

NILAI KRITERIA JUMLAH
10 = 51,22 ≥ 0
9 = 45,13 – 51,21 1
8 = 41,06 – 45,12 3
7 = 36,99 – 41,05 4
6 = 32,93 – 36,98 6
5 = 28,87 – 32,92 9
4 = 24,80 – 28,86 6
3 = 20,74 – 24,80 3
2 = 16,67 – 20,73 2
1 = 10,58 – 16,66 1
35

Menghitung Z score
Skor Abdul Latir R = 24,8 = (24,8- 30,90)/8,13 = (-6,1)/8,13 = - 0,8
Skor Aceng A Wahid = 50,5 = (50,5- 30,90)/8,13 = 19,6/8,13 = 2,41
Skor Adam N = 28,6 = (28,6- 30,90)/8,13 = (-2,3)/8,13 = - 0,3
Skor Agnes Ariani Safitri = 17 = (17- 30,90)/8,13 = (-13,9)/8,13 = - 1,7
Skor Ahmad Rifa’i = 41,5 = (41,5- 30,90)/8,13 = 10,6/8,13 = 1,3
Skor Anggi Novita Sari = 35 =(35- 30,90)/8,13 = 4,1/8,13 = 0,5
Skor Asep Fahmi F. = 39,5 = (39,5- 30,90)/8,13 = 8,6/8,13 = 1,06
Skor Asep Imam Kuswanto = 26,8 = (26,8- 30,90)/8,13 = (-4,1)/8,13 = - 0,5
Skor Ayu Aulia = 30,6 = (30,6- 30,90)/8,13 = (-0,3)/8,13 = - 0,04
Skor Dede Rukmana = 24,3 = (24,3- 30,90)/8,13 = (-6,6)/8,13 = - 0,8
Skor Eko S. Saepudin = 35,6 = (35,6- 30,90)/8,13 = 4,7/8,13 = 0,57
Skor Elin N.H. = 21,9 = (21,9- 30,90)/8,13 = (-9)/8,13 = - 1,10
Skor Elis Siti H. = 30,9 = (30,9- 30,90)/8,13 = 0/8,13 = 0
Skor Euis Kartikah = 31 = (31- 30,90)/8,13 = 0,1/8,13 = 0,01
Skor Eva Fauziah = 28,6 = (28,6- 30,90)/8,13 = (-2,3)/8,13 = - 0,28
Skor Feri Abdul Rohman = 33,5 = (33,5- 30,90)/8,13 = 2,6/8,13 = 0,32
Skor Fetty Wulandari = 30,9 = (30,9- 30,90)/8,13 = 0/8,13 = 0
Skor Fitria Neli A. = 38,4 = (38,4- 30,90)/8,13 = 7,5/8,13 = 0,92
Skor Hani Wida Nurhalida = 41,1 = (41,1- 30,90)/8,13 = 10,2/8,13 = 1,25
Skor Imam F Irawan = 17,5 = (17,5- 30,90)/8,13 = (-13,4)/8,13 = - 1,6
Skor Inayatul Fajriyah = 41,6 = (41,6 - 30,90)/8,13 = 10,7/8,13 = 1,32
Skor Ipah Siti Saripah = 30,4 = (30,4 - 30,90)/8,13 = (-0,5)/8,13 = - 0,06
Skor Iqbal = 37,1 = (37,1 - 30,90)/8,13 = 6,2/8,13 = 0,8
Skor Khoirun H = 24,1 = (24,1- 30,90)/8,13 = (-6,8)/8,13 = - 0,83
Skor Khoirun Arif RH = 32,6 = (32,6- 30,90)/8,13 = 1,7/8,13 = 0,2
Skor M. Ismail Yusuf = 40,9 = (40,9 - 30,90)/8,13 = 10/8,13 = 1,2
Skor Melati Endah S = 33 = (33- 30,90)/8,13 = 2,1/8,13 = 0,26
Skor Nana M = 27 = (27- 30,90)/8,13 = (-3,9)/8,13 = - 0,47
Skor Neng Dini = 33,1 = (33,1- 30,90)/8,13 = 2,2/8,13 = 0,27
Skor Rizki Edi N = 31,1 = (31,1- 30,90)/8,13 = 0,2/8,13 = 0,024
Skor Syamsul Ma’arif = 34,1 = (34,1- 30,90)/8,13 = 3,2/8,13 = 0,39
Skor Ulfa Masfufah = 13,7 = (13,7 - 30,90)/8,13 = (-17,2)/8,13 = - 2,1
Skor Yoga S = 31 = (31- 30,90)/8,13 = 0,1/8,13 = 0,01
Skor Yudi Agus Wahyudi = 30,6 = (30,6- 30,90)/8,13 = (-0,3)/8,13 = - 0,036
Skor Zainal N = 24,1 = (24,1- 30,90)/8,13 = (-6,8)/8,13 = - 0,83

Penghitungan tes ke 2
Menghitung Simpangan Baku dan Rerata
39 32 36 38 32 34 15
35 45 42 26 37 42 44
37 31 47 35 44 38 41
33 40 32 39 42 45 37
30 40 34 36 45 42 31

Menghitung rentang
R = 47 – 15 = 32

Menghitung kelas
Kl = 1+3,3 log 35
= 1+3,3 (1,5441)
=1+5,09553
=6,09553
=7

Panjang kelas

P = R = 37 = 5.28 = 6
K 7

Kelas Tally f d fd Fd2
15 – 19 I 1 -3 -3 9
20 – 25 0 -2 0 0
26 – 30 II 2 1 -2 2
31 – 35 IIIII IIIII 10 0 0 0
36 – 40 IIIII IIIII II 12 1 12 12
41 – 45 IIIII IIII 9 2 18 36
56 – 50 I 1 3 3 9
Σ 35 55 Σ fd 28 Σfd2 68
Mt = (31 + 35 )/2 = (66 )/2 = 33

Mean (X) = mt + p ( (Σ fd)/N)

= 33 + 5 ( 28/35 )

= 33+ 140/175

= 33 + 0,8
= 33,8

SD (S) = p √(〖Σ fd〗^2/N-〖( Σfd/N) 〗^2 )


= 5 √(68/35-〖( 28/35) 〗^2 )

= 5 √(1,94-〖( 784/1225) 〗^ )

= 5 √(1,94-(0,86))

= 5 √(1,3 )

= 5 (1,14) = 5,7
Dari perhitungan di atas, diketahui bahwa mean-nya adalah 33,80 dan Standar Deviasinya adalah 5,7

Mengubah Skor Mentah Menjadi Skala lima:
A = X + 2 SD = 33,8 + 11,4 = 45,2
B = X + 1 SD = 33,8 + 5,7 = 39,5
C = X = 33,8 = 33,8
D = X – 1 SD = 33,8 – 5,7 = 28,1
E = X – 2 SD = 33,8 – 11,4 = 22,4

Berdasarkan perhitungan di atas, maka nilai siswa adalah :
NILAI KRITERIA JUMLAH
A 45,20 ≥ 2
B 39,05 – 45,19 11
C 33,80 – 39,04 12
D 28,10 – 33,79 8
E 22,40 – 28,09 1
F ≤ 22,40 1
JUMLAH 35


Mengubah Skor mentah Menjadi Skor Skala sepuluh
10 = X + 2,25 SD = 33,8 + 12,83 = 46,63
9 = X + 1,75 SD = 33,8 + 9,97 = 43,78
8 = X + 1,25 SD = 33,8 + 7,13 = 40,93
7 = X + 0,75 SD = 33,8 + 4,28 = 38,08
6 = X + 0,25 SD = 33,8 + 1,43 = 35,23
5 = X - 0,25 SD = 33,8 - 1,43 = 32,38
4 = X - 0,75 SD = 33,8 - 4,28 = 29,53
3 = X - 1,25 SD = 33,8 - 7,13 = 26,68
2 = X - 1,75 SD = 33,8 - 9,97 = 23,83
1 = X - 2,25 SD = 33,8 - 12,83 = 20,98

Berdasarkan perhitungan di atas, maka nilai siswa adalah :

NILAI KRITERIA JUMLAH
10 = 46,63 ≥ 0
9 = 43,78 – 46,62 5
8 = 40,93 – 43,77 5
7 = 38,08 – 40,92 6
6 = 35,23 – 38,07 5
5 = 32,28 – 35,22 8
4 = 29,53 – 32,27 4
3 = 26,68 – 29,52 0
2 = 23,83 – 26,67 1
1 = 20,98 – 23,82 0
0 = ≤ 20,98 1
JUMLAH 35

Menghitung Z score
Skor Abdul Latir R = 37 = (37- 33,80)/5,7 = 3,2/5,7 = 0,56
Skor Aceng A Wahid = 43,7 = (43,7 - 33,80)/5,7 = 9,9/5,7 = 1,7
Skor Adam N = 39 = (39 - 33,80)/5,7 = 5,2/5,7 = 0,91
Skor Agnes Ariani Safitri = 29,8 = (29,8 - 33,80)/5,7 = (-4)/5,7 = - 0,7
Skor Ahmad Rifa’i = 45,5 = (45,5- 33,80)/5,7 = 11,7/5,7 = 2,05
Skor Anggi Novita Sari = 35,7 = (35,7- 33,80)/5,7 = 1,9/5,7 = 0,3
Skor Asep Fahmi F. = 35,2 = (35,2- 33,80)/5,7 = 1,4/5,7 = 0,24
Skor Asep Imam K. = 33,3 = (33,3- 33,80)/5,7 = (-0,5)/5,7 = - 0,08
Skor Ayu Aulia = 40,2 = (40,2- 33,80)/5,7 = 6,4/5,7 = 1,12
Skor Dede Rukmana = 32,5 = (32,5- 33,80)/5,7 = (-1,3)/5,7 = - 0,2
Skor Eko S. Saepudin = 45 = (45 - 33,80)/5,7 = 11,2/5,7 = 1,96
Skor Elin N.H. = 34 = (34- 33,80)/5,7 = 0,2/5,7 = 0,03
Skor Elis Siti H. = 31,4 = (31,4- 33,80)/5,7 = (-2,4)/5,7 = -0,42
Skor Euis Kartikah = 41,6 = (41,6- 33,80)/5,7 = 7,8/5,7 = 1,36
Skor Eva Fauziah = 36,5 = (36,5- 33,80)/5,7 = 2,7/5,7 = 0,47
Skor Feri Abdul Rohman = 38 = (38 - 33,80)/5,7 = 4,2/5,7 = 0,73
Skor Fetty Wulandari = 32 = (32- 33,80)/5,7 = (-1,8)/5,7 = - 0,31
Skor Fitria Neli A. = 40,7 = (40,7- 33,80)/5,7 = 6,9/5,7 = 1,2
Skor Hani Wida Nurhalida = 41,7 = (41,7- 33,80)/5,7 = 7,9/5,7 = 1,38
Skor Imam F Irawan = 14,7 = (14,7- 33,80)/5,7 = (-19,1)/5,7 = - 3,35
Skor Inayatul Fajriyah = 44,5 = (44,5 - 33,80)/5,7 = 10,7/5,7 = 1,87
Skor Ipah Siti Saripah = 40,1 = (40,1 - 33,80)/5,7 = 6,3/5,7 = 1,1
Skor Iqbal = 34 = (34 - 33,80)/5,7 = 0,2/5,7 = 0,03
Skor Khoirun H = 36,8 = (36,8 - 33,80)/5,7 = 3/5,7 = 0,52
Skor Khoirun Arif RH = 41,7 = (41,7- 33,80)/5,7 = 7,9/5,7 = 1,38
Skor M. Ismail Yusuf = 46,6 = (46,6 - 33,80)/5,7 = 12,8/5,7 = 2,24
Skor Melati Endah S = 38,5 = (38,5- 33,80)/5,7 = 4,7/5,7 = 0,82
Skor Nana M = 34,8 = (34,8- 33,80)/5,7 = 1/5,7 = 0,17
Skor Neng Dini = 32,4 = (32,4- 33,80)/5,7 = (-1,4)/5,7 = -0,24
Skor Rizki Edi N = 31,1 = (31,1- 33,80)/5,7 = (-2,7)/5,7 = -0,47
Skor Syamsul Ma’arif = 34,1 = (34,1- 33,80)/5,7 = 0,3/5,7 = 0,05
Skor Ulfa Masfufah = 25,7 = (25,7 - 33,80)/5,7 = (-8,1)/5,7 = - 1,42
Skor Yoga S = 39 = (39- 33,80)/5,7 = 5,2/5,7 = 0,9
Skor Yudi Agus Wahyudi = 42,4 = (42,4- 33,80)/5,7 = 8,6/5,7 = 1,5
Skor Zainal N = 44,7 = (44,7- 33,80)/5,7 = 10,9/5,7 = 1,9

Menentukan Nilai dengan PAN dan PAP
Ada beberapa ukuran yang digunakan untuk menafsirkan tes, yaitu ukuran absolut, ukuran relatif dan ukuran yang berbentuk kriteria.
Menentukan Nilai Dengan PAN (Norm Referenced Evaluation)
Ukuran Relatif (Norm Referenced Evaluation) yaitu memperbandingkan perilaku seorang siswa dengan para siswa lainnya dalam kelompok yang sama.
Tes Pertama
Skala Lima
NILAI KRITERIA JUMLAH
A 47,16 ≥ 1 Orang
B 39,03 – 47,15 5 Orang
C 30,90 – 39,02 15 Orang
D 22,77 – 30,89 10 Orang
E 14,64 – 22,76 3 Orang
F ≤ 14,64 1 Orang
JUMLAH 35 Orang

Skala Sepuluh

NILAI KRITERIA JUMLAH
10 = 51,22 ≥ 0
9 = 45,13 – 51,21 1 Orang
8 = 41,06 – 45,12 3 Orang
7 = 36,99 – 41,05 4 Orang
6 = 32,93 – 36,98 6 Orang
5 = 28,87 – 32,92 9 Orang
4 = 24,80 – 28,86 6 Orang
3 = 20,74 – 24,80 3 Orang
2 = 16,67 – 20,73 2 Orang
1 = 10,58 – 16,66 1 Orang
35 Orang

Tes Kedua
Skala Lima
NILAI KRITERIA JUMLAH
A 45,20 ≥ 2 Orang
B 39,05 – 45,19 11 Orang
C 33,80 – 39,04 12 Orang
D 28,10 – 33,79 8 Orang
E 22,40 – 28,09 1 Orang
F ≤ 22,40 1 Orang
JUMLAH 35 Orang

Skala Sepuluh
NILAI KRITERIA JUMLAH
10 = 46,63 ≥ 0 Orang
9 = 43,78 – 46,62 5 Orang
8 = 40,93 – 43,77 5 Orang
7 = 38,08 – 40,92 6 Orang
6 = 35,23 – 38,07 5 Orang
5 = 32,28 – 35,22 8 Orang
4 = 29,53 – 32,27 4 Orang
3 = 26,68 – 29,52 0 Orang
2 = 23,83 – 26,67 1 Orang
1 = 20,98 – 23,82 0 Orang
0 = ≤ 20,98 1 Orang
JUMLAH 35 Orang

Menentukan Nilai Dengan PAP (Penilaian Acuan Patokan(Absolute Referenced Evaluasion)
PAP adalah untuk menentukan ketepatan banyaknya materi belajar atau kemampuan yang diharapkan tercapai oleh siswa.
Cara menentukan Nilai dengan PAP (Penilaian Acuan Patokan) adalah dengan menjumlahkan skor dari tiap jenis soal (Pilihan Berganda dan Uraian) kemudian dibagi skor maksimum dikali 10 atau 100.

Skor maksimum yang kami tentukan adalah 55, contoh :
Jumlah Skor = 45, maka :
45 x 100 = 81.8
55

Tes Pertama
NO NAMA JUMLAH SKOR NILAI
SKOR MAKS. AKHIR

1 Abdul Latif R. 29 55 53
2 Aceng A. Wahid 51 55 93
3 Adam N 33 55 60
4 Agnes Ariani Safitri 25 55 45
5 Ahmad Rifa’i 43 55 78
6 Anggi Novita Sari 39 55 71
7 Asep Fahmi F. 43 55 78
8 Asep Iman Kuswanto 32 55 58
9 Ayu Aulia 37 55 67
10 Dede Purnama 33 55 60
11 Eko Saikona Saepudin 40 55 73
12 Elin N.H 27 55 49
13 Elis Siti Hosyatillah 35 55 64
14 Euis Kartikah 36 55 65
15 Eva Fauziah 36 55 65
16 Feri Abdul Rohman 38 55 69
17 Fetty Wulandari 35 55 64
18 Fitria Neli A. 42 55 76
19 Hani Wihda Nurhalida 47 55 85
20 Imam F. Irawan 23 55 42
21 Inayatul Fajriyah 45 55 82
22 Ipah Siti Saripah 35 55 64
23 Iqbal 41 55 75
24 Khoirun H 37 55 67
25 Khoriun Arif R.H 37 55 67
26 M. Ismail Yusuf 43 55 78
27 Melati Endah S 38 55 69
28 Nana M. 30 55 55
29 Neng Dini 37 55 67
30 Rizki Edi N. 36 55 65
31 Syamsul Ma’arif 39 55 71
32 Ulfa Masfufah 22 55 40
33 Yoga S. 40 55 73
34 Yudi Agus Wahyudi 36 55 65
35 Zainal N 29 55 53


Hasil Tes Kedua
NO NAMA JUMLAH SKOR NILAI
SKOR MAKS. AKHIR

1 Abdul Latif R. 42 55 76
2 Aceng A. Wahid 46 55 84
3 Adam N 42 55 76
4 Agnes Ariani Safitri 34 55 62
5 Ahmad Rifa’i 47 55 85
6 Anggi Novita Sari 39 55 71
7 Asep Fahmi F. 39 55 71
8 Asep Iman Kuswanto 39 55 71
9 Ayu Aulia 43 55 78
10 Dede Purnama 34 55 62
11 Eko Saikona Saepudin 47 55 85
12 Elin N.H 36 55 65
13 Elis Siti Hosyatillah 45 55 82
14 Euis Kartikah 44 55 80
15 Eva Fauziah 40 55 73
16 Feri Abdul Rohman 40 55 73
17 Fetty Wulandari 36 55 65
18 Fitria Neli A. 43 55 78
19 Hani Wihda Nurhalida 45 55 82
20 Imam F. Irawan 21 55 38
21 Inayatul Fajriyah 47 55 85
22 Ipah Siti Saripah 43 55 78
23 Iqbal 38 55 69
24 Khoirun H 40 55 73
25 Khoriun Arif R.H 44 55 80
26 M. Ismail Yusuf 48 55 87
27 Melati Endah S 42 55 76
28 Nana M. 39 55 71
29 Neng Dini 42 55 76
30 Rizki Edi N. 36 55 65
31 Syamsul Ma’arif 39 55 71
32 Ulfa Masfufah 31 55 56
33 Yoga S. 42 55 76
34 Yudi Agus Wahyudi 45 55 82
35 Zainal N 46 55 84






Mengukur Validitas dan Reliabilitas
Menghitung Validitas Tes
TABEL KORELASI
No. Urut Skor Deviasi Kuadrat Deviasi Deviasi
Siswa X Y X1 Y1 X² Y² Produk X1Y1
1 29 39 -2 5 4 25 -10
2 27 35 -4 1 16 1 -4
3 25 37 -6 3 36 9 -18
4 27 33 -4 -1 16 1 4
5 17 30 -14 -4 196 16 56
6 31 32 0 -2 0 4 0
7 31 45 0 11 0 121 0
8 36 31 5 -3 25 9 -15
9 31 40 0 6 0 36 0
10 31 40 0 6 0 36 0
11 30 36 -1 2 1 4 -2
12 29 42 -2 8 4 64 -16
13 31 47 0 13 0 169 0
14 41 32 10 -2 100 4 -20
15 33 34 2 0 4 0 0
16 37 38 6 4 36 16 24
17 34 26 3 -8 9 64 -24
18 33 35 2 1 4 1 2
19 14 39 -17 5 289 25 -85
20 39 36 8 2 64 4 16
21 31 32 0 -2 0 4 0
22 35 37 4 3 16 9 12
23 24 44 -7 10 49 100 -70
24 24 42 -7 8 49 64 -56
25 25 45 -6 11 36 121 -66
26 31 34 0 0 0 0 0
27 24 42 -7 8 49 64 -56
28 22 38 -9 4 81 16 -36
29 33 45 2 11 4 121 22
30 33 42 2 8 4 64 16
31 41 15 10 -19 100 361 -190
32 41 44 10 10 100 100 100
33 17 41 -14 7 196 49 -98
34 51 37 20 3 400 9 60
35 38 31 7 -3 49 9 -21
Σ -9 106 1937 1700 -475

r = . Σ xᴵyᴵ .
√ ( xᴵ ) ( x² )

r = . -475 . = -475 = 0,262
√ 1937 x 1700 3294837

Kriteria penafsiran korelasi koefisiennya adalah sebagai berikut :
P antara 0,00 - 0,20 : Hampir tidak ada korelasi;
0,20 - 0,40 : Korelasi rendah;
0,41 - 0,70 : Korelasi cukup;
0,71 - 0,90 : Korelasi tinggi; dan
0.91 - 0.100 : Korelasi sangat tinggi/sempurna
Dengan melihat hasil P = 0,262 berarti bahwa korelasi antara kedua kelompok mempunyai tingkat korelasi yang rendah, dalam artian bahwa test tersebut memiliki reliabilitas yang rendah.

Menghitung Reliabilitas Tes
NO NAMA SISWA SOAL 1 SOAL 2 RANGKING DEVIASI D²
X Y X Y
1 Abdul Latif R. 29 42 16,5 7,5 9 81
2 Aceng A. Wahid 51 46 1 3,5 -2,5 6,25
3 Adam N 33 42 13,5 7,5 6 36
4 Agnes Ariani Safitri 25 34 18 12,5 5,5 30,25
5 Ahmad Rifa’i 43 47 4,5 2,5 2 4
6 Anggi Novita Sari 39 39 8 9,5 -1,5 2,25
7 Asep Fahmi F. 43 39 4,5 9,5 -5 25
8 Asep Iman Kuswanto 32 39 14 9,5 4,5 20,25
9 Ayu Aulia 37 43 10,5 6,6 3,9 15,21
10 Dede Purnama 33 34 13,5 12,5 1 1
11 Eko Saikona Saepudin 40 47 7,5 2,5 5 25
12 Elin N.H 27 36 17 11,5 5,5 30,25
13 Elis Siti Hosyatillah 35 45 12 4,5 7,5 56,25
14 Euis Kartikah 36 44 11,5 5,5 6 36
15 Eva Fauziah 36 40 11,5 8,5 3 9
16 Feri Abdul Rohman 38 40 9,5 8,5 1 1
17 Fetty Wulandari 35 36 12,5 11,5 1 1
18 Fitria Neli A. 42 43 5 6,5 -1,5 2,25
19 Hani Wihda Nurhalida 47 45 2 4,5 -2,5 6,25
20 Imam F. Irawan 23 21 19 14 5 25
21 Inayatul Fajriyah 45 47 3 2,5 0,5 0,25
22 Ipah Siti Saripah 35 43 12,5 6,5 6 36
23 Iqbal 41 38 6 10 -4 16
24 Khoirun H 37 40 10,5 8,5 2 4
25 Khoriun Arif R.H 37 44 10,5 5,5 5 25
26 M. Ismail Yusuf 43 48 4,5 1 3,5 12,25
27 Melati Endah S 38 42 9,5 7,5 2 4
28 Nana M. 30 39 15 9,5 5,5 30,25
29 Neng Dini 37 42 10,5 7,5 3 9
30 Rizki Edi N. 36 36 11,5 11,5 0 0
31 Syamsul Ma’arif 39 39 8 9,5 -1,5 2,25
32 Ulfa Masfufah 22 31 20 13 7 49
33 Yoga S. 40 42 7,5 7,5 0 0
34 Yudi Agus Wahyudi 36 45 11,5 4,5 7 49
35 Zainal N 29 46 16,5 3,5 13 169
Σ² = 819,21


p = 1 - 6D²
N (N²-1)
p = 1 - 6(819)
35 (35²-1)
p = 1 - 4914 = 1 - 4914 = 1 - 4914 = 1– 0,114706 = 0,885294
35 (1225-1) 35 (1224) 42.840

Kriteria penafsiran korelasi koefisiennya adalah sebagai berikut :
r antara 0,00 - 0,20 : Hampir tidak ada korelasi;
0,20 - 0,40 : Korelasi rendah;
0,41 - 0,70 : Korelasi cukup;
0,71 - 0,90 : Korelasi tinggi; dan
0.91 - 0.100 : Korelasi sangat tinggi/sempurna
Dengan melihat hasil P = 0,885 berarti bahwa korelasi antara kedua kelompok mempunyai tingkat korelasi yang tinggi, dalam artian bahwa test tersebut memiliki reliabilitas yang tinggi.
Mengukur Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda
Data Soal
Jumlah Siswa kelas paralel : 35 orang
Jumlah siswa kelas sampel : 2 x 27 x 35 = 2 orang
100
A = Jumlah siswa 27 % rangking atas: 27 x 35 = 10 orang
100
B = Jumlah siswa 27 % rangking atas: 27 x 35 = 10 orang
100
Tingkat Kesukaran (TK) = RA + RB
A + B
Daya Pembeda (DP) = RA - RB
A
RA = Kelompok atas yang menjawab benar
RB = Kelompok bawah yang menjawab benar

Ketentuan :
TK < 0,3= Soal Sukar DP < 0,2 = Soal Jelek 0,3 ≤ TK ≤ 0,7 = Soal sedang 0,2 ≤ DP ≤ 0,3 = Soal kurang baik TK > 0,7 = Soal mudah 0,3 < DP ≤ 0,4= Soal cukup DP > 0,4 = Soal Baik



1. Analisis Butir Soal Pilihan Berganda
TABEL ANALISIS BUTIRAN SOAL PILIHAN GANDA
SOAL RA RB RA + RB RA - RB TK DP TK I + TK II DP I + DP II KATEGORI Ket
I II I II I II I II I II I II
1 5 5 3 3 8 8 2 2 1 0 0 0 1,4 0,4 M-C Tidak Direvisi
2 9 8 3 2 12 10 6 6 1 1 1 1 1,1 1,2 M-B Tidak Direvisi
3 8 8 2 9 10 17 6 -1 1 1 1 -0 1,35 0,5 M-B Tidak Direvisi
4 7 6 3 3 10 9 4 3 1 0 0 0 0,95 0,7 M-B Tidak Direvisi
5 8 6 5 4 13 10 3 2 1 1 0 0 1,15 0,5 M-B Tidak Direvisi
6 5 6 3 4 8 10 2 2 0 1 0 0 0,9 0,4 M-C Tidak Direvisi
7 8 5 5 3 13 8 3 2 1 0 0 0 1,05 0,5 M-B Tidak Direvisi
8 7 5 1 3 8 8 6 2 0 0 1 0 0,8 0,8 M-B Tidak Direvisi
9 6 8 3 2 9 10 3 6 0 1 0 1 0,95 0,9 M-B Tidak Direvisi
10 9 6 6 5 15 11 3 1 1 1 0 0 1,3 0,4 M-C Tidak Direvisi
11 6 5 2 2 8 7 4 3 0 0 0 0 0,75 0,7 M-B Tidak Direvisi
12 6 7 2 4 8 11 4 3 0 1 0 0 0,95 0,7 M-B Tidak Direvisi
13 8 6 1 3 9 9 7 3 0 0 1 0 0,9 1 M-B Tidak Direvisi
14 5 6 2 3 7 9 3 3 0 0 0 0 0,8 0,6 M-B Tidak Direvisi
15 8 9 5 4 13 13 3 5 1 1 0 1 1,3 0,8 M-B Tidak Direvisi
16 6 8 5 6 11 14 1 2 1 1 0 0 1,25 0,3 M-C Tidak Direvisi
17 8 5 3 4 11 9 5 1 1 0 1 0 1 0,6 M-B Tidak Direvisi
18 9 9 5 3 14 12 4 6 1 1 0 1 1,3 1 M-B Tidak Direvisi
19 9 8 4 9 13 17 5 -1 1 1 1 -0 1,5 0,4 M-B Tidak Direvisi
20 3 4 5 6 8 10 -2 -2 0 1 -0 -0 0,9 -0,4 M-B Tidak Direvisi
21 4 8 1 5 5 13 3 3 0 1 0 0 0,9 0,6 M-B Tidak Direvisi
22 8 7 6 6 14 13 2 1 1 1 0 0 1,35 0,3 M-C Tidak Direvisi
23 9 8 2 3 11 11 7 5 1 1 1 1 1,1 1,2 M-B Tidak Direvisi
24 6 5 1 3 7 8 5 2 0 0 1 0 0,75 0,7 M-B Tidak Direvisi
25 8 8 2 7 10 15 6 1 1 1 1 0 1,25 0,7 M-B Tidak Direvisi
26 9 7 5 7 14 14 4 0 1 1 0 0 1,4 0,4 M-B Tidak Direvisi
27 8 7 3 4 11 11 5 3 1 1 1 0 1,1 0,8 M-B Tidak Direvisi
28 7 6 4 3 11 9 3 3 1 0 0 0 1 0,6 M-B Tidak Direvisi
29 7 8 1 6 8 14 6 2 0 1 1 0 1,1 0,8 M-B Tidak Direvisi
30 6 5 5 3 11 8 1 2 1 0 0 0 0,95 0,3 M-C Tidak Direvisi
31 9 9 3 4 12 13 6 5 1 1 1 1 1,25 1,1 M-B Tidak Direvisi
32 6 7 5 1 11 8 1 6 1 0 0 1 0,95 0,7 M-B Tidak Direvisi
33 8 6 1 4 9 10 7 2 0 1 1 0 0,95 0,9 M-B Tidak Direvisi
34 8 8 2 6 10 14 6 2 1 1 1 0 1,2 0,8 M-B Tidak Direvisi
35 10 10 6 7 16 17 4 3 1 1 0 0 1,65 0,7 M-B Tidak Direvisi
36 10 10 6 9 16 19 4 1 1 1 0 0 1,75 0,5 M-B Tidak Direvisi
37 10 10 6 8 16 18 4 2 1 1 0 0 1,7 0,6 M-B Tidak Direvisi
38 8 8 2 5 10 13 6 3 1 1 1 0 1,15 0,9 M-B Tidak Direvisi
39 10 10 4 9 14 19 6 1 1 1 1 0 1,65 0,7 M-B Tidak Direvisi
40 8 8 3 5 11 13 5 3 1 1 1 0 1,2 0,8 M-B Tidak Direvisi
Ket. :
M = Mudah S = Sukar
C = Cukup B = Baik

2. Analisis Butir Soal Uraian
Keterangan :
TK = ΣSA + ΣSB DP = ΣSA - ΣSB
N x Skor Maksimum N x Skor Maksimum

TABEL ANALISIS BUTIRAN SOAL URAIAN
Nomor Score RA RB SA SB TK DP TK I + TK II DP I + DP II KATEGORI KET
Soal Siswa I II I II I II I II I II I II 2 2
41 5
4
3
2 7 4 6 2 13 6 1 2
1 2 5 3 7 5 12 -1 -2
0
Jumlah 9 9 9 9 18 18 0 0 0,9 0,9 1,8 1,8 0,9 1,8 Mudah - Baik Tdk Direvisi
42 5
4
3
2 5 6 2 6 7 12 3 0
1 4 2 5 2 9 4 -1 0
0 0 1 1 1 1 2 -1 0
Jumlah 9 9 8 9 17 18 1 0 0,9 0,9 1,6 1,8 0,9 1,7 Mudah - Baik Tdk Direvisi
43 5
4 3 2 0 0 3 2 3 2
3 2 1 2 1 4 2 0 0
2 1 6 4 1 5 7 -3 5
1 3 0 3 5 6 5 0 -5
0 2 0 2 0 -2
Jumlah 9 9 9 9 18 18 0 0 0,5 0,45 0,9 0,9 0,45 0,9 Sedang - Baik Tdk Direvisi
44 5
4 1 2 1 2 1 2
3 3 5 1 3 6 3 4
2 3 2 3 5 6 7 0 -3
1 2 1 3 3 3 1 -3
0 5 5 0 -5 0
Jumlah 9 9 9 9 18 18 0 0 0,4 0,36 0,7 0,7 0,36 0,72 Sedang - Baik Tdk Direvisi
45 5
4 3 4 3 4 3 4
3 4 0 4 1 8 1 0 -1
2 2 5 2 3 4 8 0 2
1 3 5 3 5 -3 -5
0
Jumlah 9 9 9 9 18 18 0 0 0,4 0,36 0,7 0,7 0,36 0,72 Sedang - Baik Tdk Direvisi


F. Hasil Revisi
Dari 45 soal yang uji coba kan, ada 10 butir yang harus kami revisi. Soal yang direvisi ditandai dengan huruf tebal (bold).
A. Isilah pernyataan-pernyataan dibawah ini dengan jawaban Benar (B) dan Salah (S)
1.
B – S
Sujud syukur dilakukan sebagai tanda rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT.
2.
B - S
Ketika anda memperoleh suatu kenikmatana maka anda melakukan sujud syukur.
3.


B - S


............كان يقرا علينا القران فاذا مرّ باالسجد وسجدنا معه (رواه الترمذي)
Ayat di atas merupakan dalil dianjurkannya sujud syukur.
4.
B - S
كلاّ لاتطعه واسجد واقترب
Ayat diatas adalah termasuk ayat sajdah.
5. B - S Puasa nadzar dan puasa kifarat adalah puasa wajib.
6. B - S Makan sahur adalah salah satu rukun puasa.
7.
B - S
Saya batal puasa secara sengaja, maka saya mengqada pada hari-hari berikutnya tanpa bayar fidyah
8.
B - S
Dalil tentang kewajiban puasa yaitu :
ياايهاالذين امنوا كتب عليكم الصيام .......
9.
B - S
Hokum disuntik atau diinjeksi ketika puasa adalah diperbolehkan.
10.
B - S
Orang yang tidak beragama islam tidak diwajibkan membayar zakat fitrah.
11.
B - S
Waktu makruh untuk membayar zakat fitrah adalah sebelum hari raya.
12. B - S 20 ekor adalah nishab untuk hewan ternak sapi dan ternak
13. B - S Rikaz merupakan barang tambang yang berupa emas dan perak
14. B - S Hikmah zakat diantaranya adalah meningkatkan kesenjangan
sosial.
15. B - S
Gharimin dan ‘Amilin adalah termasuk mustahiq zakat
B. Pilihlah salah satu jawaban yang menurut anda benar dengan memberikan tanda silang (x) atau centang ().
16. Apa hukum sujud syukur?
A. wajib b. sunnah c. mubah d. makruh
17. ........اذا اتاه امر يسره او يبشر به خرّ ساجدا شكرا لله تعالى
Dalil diatas adalah anjuran untuk…..
b. Sujud sahwi c. sujud syukur
c. Tilawah d. sujud dua kali
18. Kapan seseorang dianjurkan sujud tilawah?
a. Ketika membaca ayat sajdah
b. Ketika melihat ayat sajdah
c. Etia membaca atau mendengar ayat sajdah
d. Ketika mendengar ayat sajdah
19. Apa saja puasa yang tidak wajib
a. Ramadhan b. nazar c. syawal d. kifarat
20. Apa fungsi puasa menurut bahasa?
a. Petunjuk b. Menahan c. Ibadah d. Taat
21. Surat Apa yang menjadi dalil puasa?
a. Surat Al-Baqarah : 183
b. Surat Al-Baqarah : 132
c. Surat Al-Baqarah : 182
d. Surat Al-Baqarah :186
22. Apa saja yang bukan syarat puasa?
a. Islam c. mukmin
b. Baligh d. murodif
23. تسحروا فان فى السحور برك (متفق عليه)
Dalil diatas merupakan anjuran untuk :
a. Buka puasa b.ta’jil c. siwak d. makan sahur
24. Jika seseorang berpuasa, maka yang tidak membatalkannya adalah
a. Makan c. menyikat gigi
b. Minum d. haid dan nifas
25. Siapakah orang yang batal puasa, tidak wajib qada ataupun tidakfidyah?
a. Orang yang dalam perjalanan
b. Orang yang sakit
c. Orang yangt tidak berakal
d. Orang tua yang sudah fikun
26. Yang termasuk golongan puasa sunnah adalah
a. Puasa arafah, syawal, qada
b. Puasa bulan sya’ban, senin-kamis, kafarat
c. Puasa asyuro, puasa nabi dawud, nadzar
d. Puasa tiga hari tiap bulan, senin kamis, enam hari bulan syawal
27. Puasa yang diharamkan adalah
a. Nadzar b. wishal c. syawal d. kafarat
28. Manakah yang termasuk dalil zakat ?

a. اطيعواالله واطيعواالرسول واوللامر منكم
b.خذ من اموالهم صدقه تطهرهم ..........
c. ياايهاالذين امنوا كتب عليكم الصيام ....
d.ياايهاالناس اعبدوا ربكم الذي خلقكم..

29. Jika seorang mengeluarkan zakat fitrah setelah khatib naik mimbar, hukumnya adalah :
a. Zakat maal c. shadaqah
b. Zakat fitrah d. profesi
30. Jika lima menit sebelum masuk idul fitri, seseorang meninggal, maka hukumnya adalah:
a. Harus zakat fitrah c. dianjurkan zakat fitrah
b. Tidak boleh zakat fitrah d. tidak dikenakan kewajiban zakat fitrah
C. Cocokanlah antara pernyataan pada kolom A dengan kolom B.
A B
31. Sujud satu kali karena membaca atau mendengar ayat-ayat Sajdah a. Puasa kafarat
32. Puasa sebagai ganti dari kesalahan seseorang yang terlah diperbuatnya sehingga ia diharuskan untuk berpuasa. b. Membaca do’a setelah berbuka
33. Adab berpuasa c. Sujud tilawah
34. Puasa yang diwajibkan sendiri oleh seorang muslim d. Puasa wisal
35. Puasa haram e. Puasa nadzar
36. Puasa pada tanggal Sembilan Zulhijjah f. 2,5%
37. Zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim laki-laki baik perempuan besar atau kecil, merdeka atau budak pada awal bulan ramadhan sampai menjelang shalat idul fitri g. Puasa arafah
38. Zakat harta atau kekayaan yang harus dikeluarkan setelah terpenuhinya syarat-syarat h. Zakat fitrah
39. Orang yang berhak menerima zakat i. Mustahiq zakat
40. Nisab zakat emas. j. Zakat maal

D. ESSAY
41. Jelaskan pengertian sujud tilawah !
42. Apa pengertian sujud syukur ?
43. Sebutkan beberapa alasan tentang dibolehkannya berbuka puasa dan sebutkan hal-hal yang membatalkan puasa !
44. Sebutkan 8 golongan mustahiq zakat !
45. Tuliskan Dalil tentang kewajiban puasa berikut artinya !

BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Evaluasi hasil belajar merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengetahui hasil dari sebuah proses pembelajaran. Dalam evaluasi dikenal beberapa istilah yang dipakai didalamnya. Istilah tersebut menyangkut proses dari kegiatan evaluasi tersebut.
Pengukuran merupakan langkah awal dalam kegiatan evaluasi, yaitu kegiatan pertama berupa penghitungan secara kuantitatif terhadap jumlah maupun ukuran suatu benda.
Setelah pengukuran, ada pula istilah penilaian yang tidak lain merupakan proses lanjutan dari pengukuran. Penilaian sifatnya lebih objektif, yaitu menyangkut bobot, kwalitas maupun ukuran baik atau buruk.
Jadi, evaluasi hasil belajar merupakan sebuah kegiatan mengukur dan menilai sesuai dari suatu kegiatan pembelajaran dengan memakai tolok ukur yang telah ditentukan, sehingga dapat diambil sebuah keputusn akhir yang bisa menjadi acuan seorang guru untuk menentukan nasib seorang siswa dan bahan ajar apa yang layak untuk diberikan.
Dalam masalah evaluasi ini, penulis melakukan uji test hasil belajar mata pelajaran Fiqih pada kelas VIII smester ganjil di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Cijati yang berjumlah 35 siswa dengan memakai teknik dua kali tes yang berjarak kurang lebih empat minggu. Tes pertama dilakukan pada hari sabtu tanggal 23 Oktober 2010 pukul 08:15 sampai dengan 19:45. Adapun tes kedua dilaksanakan pada tanggal 27 Nobember 2010 pada hari dan jam yang sama.
Dari hasil penilaian yang kami kaji terhadap analisis hasil tes yang kami uji cobakan, didapatkan bahwa soal yang kami ujikan mempunyai nilai validitas 0,262 yang berarti validitasnya rendah. Sedangkan dari perhitungan reliabilitas, didapatkan nilai 0,885 yang berarti reliabilitasnya tinggi.
Dari hasil analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda, didapati banyak sekali soal yang harus direvisi. Soal yang direvisi dari pilihan berganda berjumlah 10 butir soal, sedangkan dari soal uraian tidak ada yang perlu direvisi.




B. SARAN
Berdasarkan kajian di atas, kami selaku penyusun berharap supaya kedepannya bisa lebih baik lagi dalam membuat sebuah tes sehingga validitasnya bisa diandalkan.
Selain itu, kami harap kepada seluruh mahasiswa supaya bisa sama-sama mempelajari Mata kuliah Pengenalan Sistem Evaluasi Pembelajaran, karena ini sangat menunjang kita sebagai seorang mahasiswa calon guru PAI untuk memberikan yang terbaik dalam pengabdian pada masyarakat dengan cara pengambilan keputusan yang benar dan tepat berdasarkan evaluasi yang telah dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar